Kaastengels by Nancy Firstiant's Kitchen



by Nancy Firstiant's Kitchen

Kue kering ini melegenda banget yaa.. Sejak dari saya kecil sudah ada. Dan ini adalah favorit saya 😍
Akhirnya ada kesempatan bikin sendiri. Dari hasil ngumpulin resep, pilihan saya jatuh di resep mbak Mei Basuki..secara saya langsung bisa ngikutin resepnya. Enak, renyah dan gampang bikinnya.. Yuk yukk yukkk!!!


Bahan-bahan
250 gr tepung protein rendah
75 gr butter
100 gr margarine
100 gr keju cheddar parut
1 butir kuning telur
Bahan olesan:
1 butir kuning telur
1/2 sdm susu bubuk
1 sdm air
Bahan taburan:
secukupnya Keju cheddar parut


Langkah

Siapkan kuning telur.


Siapkan keju cheddar parut. Saya pakai prochiz gold, karena lebih kering/tidak mudah lembek di suhu ruang.


Siapkan margarin, saya pakai blueband dan butter, saya pakai Anchor salted (yang dijual cuma 1 merk ini aja di mini market dekat rumah 😁)


Campur rata butter dan margarin. Tambahkan kuning telur. Aduk rata.


Masukkan tepung terigu (saya pakai kunci biru) dengan beberapa tahap. Menghindari mengaduk berlebihan, yang bisa berakibat kukis mudah remuk/meprel.


Jadinya seperti ini.


Lalu masukkan keju parut. Campur rata pakai tangan. Sebaiknya pakai sarung tangan plastik sekali pakai buang.


Adonan jadi 520 gr. Gilas dengan ketebalan kira² sedikit kurang dari 1 cm.


Bisa dicetak dengan bentuk² atau yang model klasik seperti di pic. Pindahkan di loyang yang sudah dioles tipis mentega.


Oles dengan bahan olesan, yaitu campur jadi satu kuning telur, susu bubuk dan sedikit air. Olesi permukaan kukis dengan menggunakan kuas untuk makanan lalu taburi sedikit parutan keju. Agak sedikit ditekan agar menempel.
Panggang di oven dengan api sedang cenderung kecil kira² 45 menit. Tergantung oven masing² yaa..
Setelah bagian bawah kukis agak kecoklatan baru keluarkan loyang dari oven. Angin²kan. Setelah dingin baru simpan dalam toples.
Taraaa 😍😘👌






Resep Populer

Followers